RENSTRA 2017-2022

Renstra Dinas Koperasi 2012-2017

 

BAB IV

VISI,MISI,TUJUAN, SASARAN, STRATEGI DAN ARAH KEBIJAKAN

 

4.1     VISI DAN MISI RPJMD PROVINSI BANTEN 2017-2022

Merujuk pada kerangka pemahaman Rencana pembangunan jangka panjang  Nasional, RPJPN tahun 2005 – 2025, berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah,RPJPD Provinsi Banten 2005-2025 serta mengakselerasikan dengan Rencana Pembangunan Jangka menengah Nasional ,RPJMN Tahun  2015-2019, mempertimbangkan perkembangan lingkungan strategis, kearifan lokal  yang menjujung tinggi konsep iman dan Taqwa dalam implementasinya Akhlaqul karimah maka perlu diwujudkan suatu kondisi masyarakat yang dinamis,  masyarakat yang maju dan berdaya saing, sehingga dirumuskan dalam Visi, yaitu menggambarkan arah pembangunan dan kondisi masa depan,  dalam Visi pembangunan Provinsi Banten  yang akan dicapai selama lima tahun mendatang (2017-2022), yaitu:

 

VISI :

BANTEN YANG MAJU, MANDIRI, BERDAYA SAING, SEJAHTERA DAN BERAKHLAQUL KARIMAH.

Provinsi Banten yang Maju berarti adanya perubahan dan kondisi semula kearah yang lebih baik.  Cara-cara  lama dalam mengelola pemerintahan ditinggalkan, selanjutnya cara baru dalam mengelola permerintahan yang menerapkan prinsip – prinsip  good governanance.

 

Beberapa indikator indikator pengeloaan pemerintahan yang lebíh maju adalah:
adanya inovasi dalam tata kelola pemerintahan  (lebih efisien, efektif, transparan,
akuntabel disertal perbaikan hubungan kelembagaan dengan kabupaten/kota), danadanya perubahani mindset atau perubahan budaya lama yang tidak sesuai dengantuntutan masyarakat.

 

Provinsi Banten yang Mandiri mengacu pada kemampuan keuangan daerah untuk mendukung dan menjalankan pembangunan daerah. Suatu daerah dikatakan mandiri bila pendapatan asli daerahnya dalam APBD cukup dominan, sehingga tidak tergantung oleh bantuan atau subsildi pemerintah pusat. Beberapa indikator Mandiri disini menunjukkan kemampuan fiskal yang cukup untuk merealisasïkan berbagai program pemerintah daerah.

 

Provinsi Banten yang Berdaya Saing berarti kemampuan daerah mengelola dan mengembangkan segenap potensi yang dimiliki serta menghilangkan berbagai hambatan sehingga berhasil menjadi tujuan investasi dibandingkan dengan daerah lainnya. Beberapa parameter berdaya saing ini, berupa kemudahan, fasilitasi dan daya tarik ìnvestasi di Provinsi Banten seperti ini infrastruktur yang memadai, keamanan yang terjamin,  pelayanan perijinan  yang mudah dan berkepastian hukum, sumberdaya manusia yang berkualitas, serta ketersediaan energi. 

 

Provinsi Banten yang  Sejahtera berarti kemampuan daerah dalam mengelola aspek manusia yang diukur dengan pencapaian angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Beberapa parameter Sejahtera,   diukur dengan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) , yang pencapaiannya melalui kontribusi tiga indicator utama yaítu pencapaian indicator pendidikan, pencapaian indicator kesehatan, dan pencapaian indicator daya beli masyarakat.

 

Provinsi Banten yang AkhIakul Karìmah berarti harapan daerah dalam menekankan pada perilaku kehidupan masyarakat dan pemerintah yang mencerminkan penerapan nilai-nilai agama , yaitu nilai-nilai yang sesuai dengan hakikat ketuhanan, keberadaan manusia berserta alam seìsinya.

Beberapa parameter akhlakul karimah ini, tingkat kerukunan umat beragama pada masyarakat ,implemetasi terhadap rumusannya pada lingkungan aparatur permerintahan daerah, dan lingkungan pendidikan dengan partisipasi tokoh masyarakat dan alim ulama di provinsi Banten.

MISI

Misi adalah pernyataan tentang upaya yang harus dilakukan dalam usaha mewujudkan Visi. Misi juga akan memberikan arah sekaligus batasan proses pencapaian tujuan. Oleh karena itu, untuk mewujudkan Visi Provinsi Banten 2017-2022 tersebut akan ditempuh melalui lima  misi pembangunan daerah sebagai berikut :

  1. Menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance)
  2. Membangun dan meningkatkan kualitas infrastruktur.
  3. Meningkatkan akses dan pemerataan pelayanan Pendidikan berkualitas.
  4. Meningkatkan akses dan pemerataan pelayanan Kesehatan berkualitas.
  5. Meningkatkan kualitas pertumbuhan dan pemerataan ekonomi

 

Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Provinsi Banten tahun 2017-2022  pada misi tingkat daerah, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Banten diarahkan memangku misi ke 5  yaitu Meningkatkan kualitas pertumbuhan dan pemerataan ekonomi.

Misi ke 5 ini memiliki penjabaran sebagai berikut.

Tujuan daerah :

Meningkatan perekonomian banten melalui kualitas pengelolaan keuangan daerah yang baik, pengembangan sumberdaya alam yang memberikan solusi terhadap pengangguran dan kemiskinan.

        Indikator tujuan daerah :

    1. Capain Laju pertumbuhan ekonomi
    2. Tingkat pengangguran terbuka
    3. Angka kemiskinan
    4. Daya Beli

 

 

        Sasaran Daerah :

  1. Meningkatnya omset koperasi dan kualitas kelembagaan
  2. Meningkatnya jumlah wirausaha menengah baru

        Indikator Sasaran:

  1. Persentase Peningkatan Omset Koperasi
  2. Persentase Peningkatan Aset dan Omset Usaha Kecil

Dengan sasaran dan arah kebijakan sebagai berikut :

 

SASARAN

STRATEGI DAN ARAH KEBIJAKAN

INDIKATOR

Meningkatnya Omset Koperasi dan Kualitas kelembagaan

Kemudahan perizinan kelembagaan pembinaan dan pengawasan koperasi, untuk mencapai jumlah Pertumbuhan koperasi aktif dan sehat

Persentase Peningkatan OmsetKoperasi

Kemudahan akses inovasi produk, informasi teknologi dan pembiayaan bagi koperasi aktif

MeningkatnyajumlahwirausahaMenengahbaru (WUB)

Peningkatan tumbuhnya wirausaha kelas menengah baru yang bergerak di sektor Usaha Kecil melalui pelatihan budaya usaha dan kewirausahaan, dan bimbingan teknis manajemen usaha, serta akses permodalan

Persentase Peningkatan Aset dan Omset Usaha Kecil

 

 

    1. VISI DAN MISI PERANGKAT DAERAH

 

Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Banten visi

 

“Mewujudkan Koperasi dan usaha kecil menengah yang Berkualitas, maju, dan berdaya saing “

 

 

Mewujudkan koperasi dan usaha kecil menengah

Merupakan harapan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil untuk berupaya meningkatkan kinerja perkoperasian dan usaha kecil menengah secara keseluruhan di Provinsi Banten, dengan segenap potensi yang ada,  menghadap aitantangan dan hambatan sehingga dapat berkembang dengan menguatkan keuanggulan komparatif dan keunggulan kompetitif untuk mewujudkan visi lima tahun mendatang.

 

Berkualitas :

Mengembangkan Sumberdaya manusia yang dapat menghantarkan sector perkoperasian dan usaha kecil menengah berkembang dalam menghadapi  tantangannya, seiring meningkatnya tingkat produktifitas dengan menghasilkan produk-produk yang berkualitas, bermutu dan berdayasaing ditingkat daerah ,nasional dan internasional .

 

Maju:

Meningkatnya kemajuan dalam jumlah, peringkat, partisipasi masyarakat yaitu Jumlah koperasi dan usahakecil menengah semakin meningkat jumlahnya dari yang ada saat ini, kemudian meningkat jenjang peringkatnya dari kecil kemenengah, dari menengah ke usaha besar, serta masyarakat semakin maju  dengan makin banyak yang berpartisipasi dalam koperasi dan usaha kecil menengah yang akhirnya dapat memajukan perekonomian daerah Provinsi Banten.

 

Berdayasaing :

Kerjasamajaringan

Era keterbukaan informasi, komunikasi dan pasar membuka peluang seluruh koperasi dan usaha kecil menengah untuk berpartisipasi, peran Dinas koperasi dan usaha kecil menegah Provinsi Banten menjadi bagian yang mendorong koperasi dan usahakecil menengah dapat bersaing melalui kerjasama sumberdaya manusia, produksi, inovasi teknologi produksi dan inovasi teknologi pemasaran yang mampu meningkatkan peningkatkan pemasaran ditingkat daerah, nasional dan internasional

 

Untuk mewujudkan visi dalam lima tahun kedepan Dinas Koperasi dan usaha kecil menengah Provinsi Banten berupaya menata dalam misi sebagai berikut :

 

  1. Meningkatkan omset koperasi.
  2. Meningkatkan asset dan omset usaha kecil.
  3. Meningkatkan tata kelola perangkat daerah Dinas koperasi usahakecil dan menengah. 

 

    1. TUJUAN DAN SASARAN JANGKA MENENGAH PD

 

Tujuan dari keseluruhan misi tersebut adalah menjadikan koperasi dan usaha kecil di Provinsi Banten dalam skala yang berkualitas

Indikator tujuan yang ingin dicapai oleh adalah         

Persentase Peningkatan Omset Koperasi

TUJUAN

INDIKATOR TUJUAN

Menjadikan koperasi dan usahakecil di Provinsi Banten dalam skala yang berkualitas untuk mendorong peningkatan perekonomian daerah

Capaian Laju pertumbuhan ekonomi

 

Ada pun sasaran Dinas koperasi, usaha kecil dan  menengah ini menjawab langsung dari sasaran Daerah sebagai berikut  :

SASARAN

STRATEGI DAN ARAH KEBIJAKAN

INDIKATOR

Meningkatnya Omset Koperasi

Kemudahan perizinan kelembagaan pembinaan dan pengawasan koperasi, untuk mencapai jumlah Pertumbuhan koperasi aktif dan sehat

Persentase Peningkatan Omset Koperasi

Kemudahan akses inovasi produk, informasi teknologi dan pembiayaan bagi koperasi aktif

Meningkatnya jumlah wirausaha Menengah baru (WUB)

Peningkatan tumbuhnya wirausaha kelas menengah baru yang bergerak di sektor Usaha Kecil melalui pelatihan budaya usaha dan kewirausahaan, dan bimbing an teknis manajemen usaha, serta akses permodalan

Persentase Peningkatan Aset dan Omset Usaha Kecil

 

Kemudian untuk sasaran outcome dari Dinas Koperasi,Usaha Kecil  dan menengah sebagai berikut :

SASARAN

STRATEGI DAN ARAH KEBIJAKAN

INDIKATOR

Meningkatkan kemampuan dan kapasitasKoperasi

Meningkatkan kepesertaan masyarakat untuk mencapai partisipasi aktif yang tinggi dari masyarakat

Persentase Koperasi Aktif

 

Mendorong peningkatan kapasitas dan kualitas pengelolaan koperasi yang menyelaraskan dengan kebutuhan pendanaan

Persentase Koperasi yang Bankable

 

Meningkatkan kerjasama pemasaran dan produk antara koperasi dan usaha kecil menengah

Persentase Usaha Kecil yang bermitra secara aktif dengan Dunia Usaha lain

 

  AKHIR