Temu Koordinasi Lembaga Badan Otonom NU Banten

Temu Koordinasi Lembaga Badan Otonom NU Banten
Temu Koordinasi Lembaga Badan Otonom NU Banten
Temu Koordinasi Lembaga Badan Otonom NU Banten

Temu Koordinasi Lembaga Badan Otonom NU Banten

Pada tanggal 27 Oktober 2021 bertempat di Gedung PW. NU Banten telah dilaksanakan Temu Koordinasi antara sesama Lembaga dan Badan Otonom di lingkungan NU Banten. 

Hadir pada pertemuan tersebut Ketua LP NU Provinsi Banten K.H. Tatang Royani An-Nashiri, Sekretaris Serikat Nelayan NU Fran Santoso,SPI,.MM, Ketua LPP NU  K.H.Lukman, Kabid Kelembagan dan Pengawasan pada Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten H. Arief Rachman, perwakilan PW NU, K.H.Jalaludin Ova dan dari LAPENKOP Serang, Bapak Sahroni, serta pengurus SNNU, LP2NU, HPN.

Serikat Nelayan Nahdhatul Ulama (SNNU) Provinsi Banten telah merumuskan program dan kegiatan yang dapat disinergikan guna membantu pemerintah dalam pencapaian terwujudnya nelayan tangguh dan sejahtera.

Rumusan program dan kegiatan yang dapat disinergikan salah satunya adalah menumbuh kembangkan kelembagaan usaha yang ada disentra-sentra nelayan.

Selain itu juga memberikan pendampingan kepada para nelayan baik secara individu maupun kelembagaan (koperasi/kelompok nelayan lainnya) baik dalam managemen keuangan ataupun kelembagaan serta teknis lainnya.

Sehingga dapat memberikan manfaat kepada para nelayan sesuai amanah UUD 1945 dan cita-cita luhur Pendiri NU, maka Pengurus Wilayah SNNU Banten telah membentuk Koperasi sebagai wadah ekonomi khususnya masyarakat nelayan dan pesisir.

"Telah disepakati nama koperasi bagi anggota SNNU tersebut adalah Koperasi Konsumen Nelayan NUsantara Sejahtera yang berkantor di Sekretariat PW NU Banten di Kota Serang,"

Kabid Kelembagan dan Pengawasan pada Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten H. Arief Rachman mengungkapkan, materi yang dibahas pada Temu Koordinasi itu adalah pentingnya koordinasi guna pencapaian tujuan pembangunan khususnya di sektor kelautan dan perikanan dengan memanfaatkan peran kelembagaan.

Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Banten Agus Mintono mengatakan "Biaya Notaris pendirian Koperasi Konsumen Nelayan Nusantara Sejahtera yang ditanggung oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten melalui APBD Tahun Anggaran 2021," bertujuan menumbuhkan semangat bersama untuk mendukung pembangunan perikanan melalui pola kemitraan, dan mengajak masyarakat nelayan kecil untuk melakukan pengelolaan pendapatan secara efisien melalui program Tabungan Nelayan.