Pengarusutamaan Gender Bidang KUKM


                     

Dalam rangka penguatan kelembagaan PUG Bidang KUKM, Dinas Koperasi dan UKM  Provinsi Banten telah menyelenggarakan/melakukan kegiatan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) Bidang KUMKM Tahun 2018,  pada tanggal 24 Juli  2018, Bertempat di Restoran Es Rizky Jalan Jendral Sudirman  Serang .  Dalam Rapat  Koordinasi ini membahas   Perencanaan dan Penganggaran mengenai Pengarusutamaan Gender di Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten/ Kota dan dibiayai oleh APBN 2018. 

Rapat Koordinasi  ini dihadiri oleh peserta yang berasal dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten /Kota, Dekopinwil dan Dekopinda se Provinsi Banten dalam Hal ini diwakili Oleh BKWK / Badan Komunikasi Wanita Koperasi , Konsultan PLUT/ Pusat layanan Usaha Terpadu,PPKL/ Petugas Penyuluh Lapangan. Dalam kegiatan ini yurut mengundang Narasumber Ibu Evie Sophia  yang merupakan Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dari DP3AKB .

Adapun yang menjadi subtansi dari rapat koordinasi ini adalah penerapan PUG /Pengarusutamaan Gender dalam tataran Program dan Kegiatan adalah sebagai berikut :

  1. Dalam mendesain Program/kegiatan perlu memperhatikan kebutuhan Pria dan Wanita yang menjadi kelompok sasaran Dinas Koperasi dan UKM sehingga dalam  kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat dan mengurangi kesenjangan  kualitas hidup antara pria dan wanita.
  2. Dalam Penentuan anggaran dan kegitan ini perlu diperhatikan aspek ekonomi yang meliputi prinsip efisiensi dan efektifitas dan berkeadilan. Peruntukan anggaran dibuat secara proporsional dengan mempertimbangkan peruntukan sehingga menghasilkan  keluaran yang optimal.
  3. Dalam pelaksanaan kegiatan  perlu dipastikan bahwa pria dan wanita mendapat akses, partisipasi dan menerima manfaat oleh sebeb itu pendekatan  pelaksanaan program / kegiatan akan sangat menentukan keberhasilan.

Rapat koordinasi  Pengarusutamaan gender Bidang koperasi dan  UKM merupakan wadah kerjasama  Dinas Koperas & UKM  Provinsi , Kabupaten Kota untuk menentukan  Prioritas program  yang  Responsif  Gender.


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan