SEKILAS UKM CENTER PROVINSI BANTEN


 UMKM CENTER PROVINSI BANTEN

1.      Latar Belakang

Banyaknya pelaku Usaha Kecil, dan Menengah (UKM) di Provinsi Banten merupakan asset tersendiri yang akan memperkuat pondasi perekonomian daerah, initinya dapat menjadi sumber pendapatan bagi pemerintah daerah, selain itu peran serta UKM dapat mewujudkan pertumbuhan ekonomi, pemerataan, dan peningkatan pendapatan masyarakat, penciptaan lapangan kerja, dan pengentasan kemiskinan.

UKM perlu disediakannya sarana untuk mengembangkan diri melalui berbagai macamfasilitasi di berbagai sektor yang sudah barang tentu. Sejalan dengan nilai masukan diatas, maka pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah, perlu diselenggarakan secara menyeluruh, optimal dan kesenambungan melaui pengembangan iklim yang kondusif, pemberian kesempatan berusaha, dukungan, perlindungan, dan pengembangan usaha seluas-luasnya, sehingga mampu meningkatkan kedudukan, peran, dan potensi usaha kecil dan menengah.

Pemberdayaan ekonomi kerakyatan adalah untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat serta memperluas lapangan pekerja, perlu meningkatkan dan memantapkan kemampuan UKM agar menjadi UKM yang sehat, tangguh dan mandiri. Pembangunan ekonomi masyarakat merupakan skala prioritas untuk menyadari pentingnya pemberdayaan UKM.

Dengan adanya sinkronisasi antara kebijakan pemerintah disatu pihak dengan implementasi kebijakan yang mendorong serta mengarahkan peran serta masyarakat dalam pemberdayaan UMKM untuk meningkatkan kinerja dan kompetensi dan usahanya.

Salah satu peran pemerintah adalah membatu UKM dengan didirikannya UKM CENTER sebagai tempat berkumpulnya UKM dalam mempromosikan / berkonsultasi usaha/informasi kredit jaringan usaha dan lainnya yang berhubungan dengan pemberdayaan UKM.

Selain itu pelaku UKM di UKM CENTER dapat menikmati sarana promosi yang lebih mudah dan cepat dengan cara promosi produk di website UKM Center Banten. Adapun tujuan UKM CENTER adalah sebagai sarana promosi produk UKM Se – Provinsi Banten. Sehingga diharapkan selain promosi berbagai event nyata seperti pameran dan sebagainya, dunia maya dapat lebih membantu dikenalnya produk UKM Provinsi Banten sehingga imbasnya peningkatan pesana baik dari dalam maupun luar negeri. (e-mail : admin@umkmcenterbanten.com)

2.      Maksud dan Tujuan

Maksud dan Tujuan didirikannya UKM CENTER adalah :

a.      Pemasaran

1.      Membentuk akses pasar

2.      Memberikan bantuan informasi pasar

3.      Memberikan bantuan promosi

4.      Mengembangkan jaringan usaha

5.      Membantu melakukan identifikasi pasar dan prilaku konsumen

6.      Membantu peningkatan mutu dan nilai tambah kemasan

b.      Pembianaan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia

1.      Pendidikan dan pelatihan

2.      Magang

3.      Study banding

4.      Konsultasi

c.       Permodalan

1.      Memberikan bantuan informasi sumber-sumber kredit

2.      Tata cara pengajuan penjaminan dari berbagai sumber-sumber lembaga penjaminan

3.      Mediator terhadap sumber-sumber pembiayaan

4.      Informasi dan tatacara penyertaan modal

5.      Membantu akses permodalan

d.      Manajemen

1.      Bantuan penyusunan study kelayakan

2.      System prosedur organisasi dan manajemen

3.      Menyediakan tenaga konsultan dan advisor

e.      Teknologi

1.      Membatu perbaikan, inovasi dan alih teknologi

2.      Membantu pengadaan sarana dan prasarana produksi sebagai unit percontohan

3.      Membantu perbaikan system produksi dan control kualitas

4.      Membantu mengembangkan desain dan rekayasa produk

5.      Membantu meningkatkan efisiensi pengadaan bahan baku

3.      Dasar Pelaksanaan

1.      Undand-undang Nomor 9 Tahun 1995 Tentang Usaha kecil (Lembaran Negara Tahun  1995 Nomor 74, Tambahan Lembaran Negara Nomor3611)

2.      Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang usaha mikro kecil dan menengah (Lembar Negara republic Indonesia Tahun 2008 Nomor 93);

3.      Peraturan Perintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 1998 Tentang Pembina dan Pengembangan usaha kecil (Lembar Negara Republik Indonesia Tahun 1998 Nomor 46);

4.      Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Lembaga Penjaminan

5.      Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 112 Tahun 2007 Tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisyonal,Pusat Pembelanjaan Dan Toko Modern;

6.      Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1998 tentang Pembianaan dan Pengembangan Usaha Kecil ( Lembaga Negara Republik Indonesia Tahun 1998 Nomor 46, Tambahan Lembaran Negara Republik IndonesiaNomor 3743);

7.      Peraturan Pemerintah Rebuplik Indonesia Nomor 16 Tahun 1997 tentang Waralaba Lembaran Negara Rebuplik Indonesia  Tahun 1997 Nomor 49;

8.      Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 1997 tentang Kemitraan (Lembaran Negara Rebuplik Indonesia Tahun 1997 Nomor 91, Tambahan Lembaran Negara Rebuplik Indonesia Nomor 3718);

9.      Keputusan Presiden Republik Indonesia  Nomor 127 Tahun 2011 Tentang Bidang/Jenis usaha yang di cadangkan untuk usaha kecil dan bidang/jenis usaha yang terbuka untuk usaha menengah atau besar dengan syarat kemitraan;

10.  Keputusan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor : KEP-30/M.EKON/06/2007 Tentang Tim Persiapan Pembentukan Pusat Inovasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian;

11.  Peraturan Daerah Provinsi Banten Nomor 3 Tahun 2008 Tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Provinsi Banten Tahun 2008 Nomor 3, (Tambahan Lembaran Daerah Provinsi Banten Nomor 10).


KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allas SWT atas berkat, rahmat dan karunia-Nya penyusunan booklet UKM Center (Tempat berkumpulnya/pusat UKM berbagai produk Unggulan Banten) telah dapat diselesaikan. Booklet ini berisi sebagian kecil tentang potensi UKM UNGGULAN yang tersebar di wilayah Provinsi Banten.

Berdirinya berbagai Industri Besar di Provinsi Banten, ini ditentukan secara geografis Provinsi Banten berada dipissi strategis sebagi pintu masuk dan lintas geografis antara Pulau Jawa dan Sumatra. Artinya Banten mempunyai potensi serta menempatkan pada salah satu industri, perdagangan dan jasa yang cukup potensial.

Para Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) terus bergeliat seiring dengan perkembangan dunia usaha. Ini ditandai dengan aneka komoditi dan produk hasil olahan sumberdaya lokal yang memiliki keunggulan kompotitif. Multiplier efek atas kondisi tersebut telah menumbuhkan dan meningkatkan dinamika masyarakat Banten kearah perubahan sikap dan pola fikir yang lebih maju dan modern, dengan memanfaatkan kondisi dan potensi yang ada.

  Sehingga tujuan pembangunan UKM bisa selaras dengan tujuan Pembanguan Nasional. Adapun tujuannya adalah, mewujudkan struktur ekonomi yang demokratis dam mampu memberikan lingkungan usaha yang kondusif, meningkatkan produktivitas dan daya saing, dan meningkatkan kesempatan berusaha dan perluasan tenaga kerja untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sejalan dengan itu Pemerintah Provinsi Banten terus melaksanakan pemberdayaan UKM agar mampu menjadi pelaku utama dalam perekonomian Nasional. Upaya dan langkah-langkah strategis pembangunan UKM akan terus dilakukan secara sistematis, konsisten dan berkesinambungan pada masa yang akan datang.

Akhirnya, semoga penerbitan booklet ini dapat memberikan manfaat dan memotivasi UKM lainnya untuk turut serta berperan dalam pembangunan UKM di masa yang akan datang.

Amin.

 

Kepala Dinas

Koperasi dan UMKM Provinsi Banten.

 

Dra. Nurhana, M.Si        

 


PENGRAJIN KASUR DARI LIMBAH MENJADI RUPIAH

Misteri Limbah dari Cilegon. Kesan inilah selalu akan terbersit dalam hati orang pernah berkunjung ke tempat sentra kasur. Mengapa tidak, dulu yang disebut limbah adalah hal menjijikan dan tidak manjanjikan. Kini menjadi hal yang menggiurkan, ini yang dilakukan Hasanudin melalui bendera PD Motif Indah menyeluap limbah pabrik menjadi sebuah rupiah.

Limbah tersebut oleh Hasanudin dijadikan kebutuhan rumah tangga bernilai tinggi berupa kasur dan bantal guling.

Kerkat keuletannya, sejak tahun 1997 usaha yang ditekuninya terus berkembang seiring permintaan dari masyarakat yang begitu besar. Selain itu produk-produk yang dihasilkan terus bertambah, bukan hanya memproduksi kasur dan banten guling saja, kini sudah bisa membuat hambal kasur, spring bed dan lain-lain tergantung permintaan konsumen.

Pesatnya permintaan, bersama para karyawannya Hasanudin terus berinovasi dalam mempercantik hasil produknya dengan memperbanyak motif-motif serta bentuknya. Sehingga, bisa terus mengikuti tuntutan pasar.

Yang paling membanggakan adalah, walaupun bahannya berasal sebagian besar dari limbah pabrik, tapi produk yang dihasilkan oleh PD. Mtif Indah mampu bersaing dengan perusahaan besar, buktinya kualitas yang dimiliki mendapatkan pengakuan dari para konsumen.

Dengan semakin besar permintaan serta luasnya sebaran pemasaran, tentunya berdampak kepada tenaga kerja.  Mau tidak mau seiring antusias masyarakat terhadap produk tersebut semakin tinggi, semakin besar pula kebutuhan tenaga kerja. Terbukti usaha yang dikomandainya mampu menyerap tenaga kerja tidak kurang seratus orang.

Peran Pemerintah, akunnya sangat membantu, atas dorongan dan motivasi Pemerintah usaha yang telah digelutinya terus berkembang. Dorongan yang diberikan Pemerintah adalah mengikut sertakan PD. Motif Indah di berbagai event Pameran maupun Promosi dagang baik di Cilegon, Banten hingga keluar Daerah.

PD. Motif Indah

Jl. Purbaya. Kp. Palas No. 155, RT.02/01, Ds. Bandungan Cilegon – Banten

Contact Person : 0254 – 387633, Hasanudin Hp. 0817 6449 862


PENGRAJIN KASUR BATU SEMPUR (FOSIL)

Banten merupakan salah satu daerah pengrajin batu olahan yang sangat terkenal, bahkan hingga ke mancanegara. Beberapa jenis batu hiasan yang berasal dari Banten menjadi incaran kolektor batu alam. Sebut saja Batu Kalimaya yang cantik, atau Batu Sempur yang eksotik.

Ya, Batu Sempur merupakan salah satu alam olahan yang berasal dari fosil tumbuhan. Batu ini sangat banyak terdapat di wilayah Kabupaten Lebak, salah satunya Kampung Supang Desa Pajagaan Kecamatan Sajira.

Dengan berbagai corak dan warna ditambah sentuhan tangan ‘maestri’ hingga memiliki seni yang tinggi. Batu ini sangat banyak terdapatdi wilayah Kabupaten Lebak, salah satunya Kampung Supang Desa Pajagaan Kecamatan Sajira.

Kolektor seni biasanya tak saying uang berapapun nilainya bila sudah jatuh hati akan di kejar, ini di buktikan dengan keberadaan batu sempur lebak yang banyak di kunjungi konsumennya.

PD Buana Permata merupakan Perusahaan pelopor pengolahan batu sempur di daerah lebak, terutama Sajira. Perusahaan ini beroperasi sejak tahun 1999 mengolah Batu Fosil bisa menjadi batu yang ber-nilai seni yang hasilnya di promosikan ke berbagai daerah.

Seirring perkembangan batu sempur ke depan dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan ekonomi daerah seiring dengan otonomi daerah. Tentunya harus di tunjang dengan pembinaan dari Pemerintah daerah guna menunjang keberhasilan.

PD. Buana Permata

Kp. Supang RT.01/02 Desa Pajagaan Kec. Sajira Kabupaten Lebak – Banten.

Contact  Person : Wahibudin Hp. 0852 1949 7657


LABUER JAHE YANG BERKHASIAT

Ditengah kecendurungan masyarakat untuk hidup ditengah memanfaatkan hal-hal yang yang bersifat alami lebih dikenal dengan sebutan back to nature – produk – produk alami yang memiliki ke khasan yang banyak diburu konsumennya.

Labuer Jahe salah satunya atau lebih dikenal dengan Jahe Merah Instan merupakan minuman berkhasiat dengan produk unggulan Kabupaten Lebak. Minuman yang dibuat  dari bahan – bahan alami sumber alam setempat, seperti gula merah dan jahe merah serta ditambah dengan mahkota dewa.

Selain rasanya enak, minuman alami ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti asam urat, reumatik, perut kembung, menambah stamina dan lainnya. Khasiat tadi dikarnakan minuman ini tambah dengan berbagai rempah – rempah dan mahkota dewa.

Tidak hanya untuk keluarga minuman ini disajikan tetapi untuk berbagai kalangan. Labeur Jahe pun terasa nikmat untuk disajikan di berbagai suasana di berbagai rapat, diskusi dan sebaginya.

Perkembangan penjualannya sampai sekarang sudah tidah hanya dibeberapa daerah sekitar Banten, Jakarta, beberapa Daerah Jawa Barat, Sumatra bahkan luar Negeri pun menjadi konsumennya. Ini berkat dari promosi yang dilakukan oleh Koperasi Anugrah Warga Utama yang menjadi Perusahaan yang memproduksinya dengan dibantu oleh Instansi Pemerintah.

Koperasi Anugrah Warga Utama

Jl. Raya Pandeglang KM. 10 sampai,

Desa Sukarendah, Kec. Warung Gunung – Lebak Banten

Contact Person : M Syaeroji

HP. 0812 9612 704, Telp. 0254 – 206694


KERAJINAN ROTAN TERUS BERKEMBANG

Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah memang terus menjadi memang terus menjadi Program  Pemerintah baik dari Pusat maupun Daerah terutama membina secara teknis jiwa kewirausahaan sumber daya manusianya dari yang baru, sedang berjalan maupun yang sudah sedikit mapan. Tetapi semua itu tergantung dari motivasi manusianya itu sendiri.

Hal ini mungkin yang terjadi dengan Perusahaan Rotan yang mulai mengembangkan usahanya melalui Nipang Collection, berkat motivasi yang kuat dari pengusaha dan didukung tenaga kerja yang ahli di bidangnya serta keinginan untuk amju, usaha yang kini tengah dirintis terus berkembang.

Berbagai bentuk kerajinan rotan dari mulai tempat bunga, bak, tempat bermain anak-anak dan lainnya, telah tersebar keseluruh daerah terutama jabotabek. Bukan hanya disitu, produk yang dihasilkannya pun tengah di gandrungi oleh masyarakat luar Banten. Bahkan produk ini rencananya bakal menjadi nilai ekspor.

Berkat kepercayaan konsumen, inovasi bentuk dan corak terus dikembangkan pihak pengelola. Ini menunjukan bahwa konsumen terus meminta hal yang baru dengan nilai seni yang tinggi.

NIPANG COLLETION

Jl. Gunung Tambora III, No. 05

Kecamatan Pinang Kota Tangerang – Banten

Contact Person : Telp. 021-7332047 / 021-7300787


GENTENG SUPER TETAP TEGAR

Persaingan Produk genteng cukup hebat, mengapa tidak produk – produk genteng dari luar Banten terus menyerang, salah satunya adalah produk Jatiwangi – Jawa Barat. Parahnya lagi, kini genteng tengah digeser oleh produk – produk pabrikan yang memproduksi genteng yang terbuat dari baja ringan dengan bentuk atasnya yang d glasir.

Walaupun kondisinya demikian pengrajin genteng tetap tegar, ditengah himpitan persaingan permintaan masyarakat terhadap genteng lokal tetap besar. Tentunya yang menjadi alas an mengapa masyarakat tetap memilih genteng lokal tetap besar. Tentunya yang menjadi alas an mengapa masyarakat tetap memilih genteng buatan lokal selain kuat, harganya pun cukup miring. Berpuluh-puluh tahun produk genteng lokaltetap menjadi buruan masyarakat.

Selain perkembangan dan keinginan dari konsumen, para pengrajin genteng terus berpacu menyamai kualitas produksi luar. Kini produk lokal sudah mampu bersaing dengan menerobos pasar nasional. Kono katanya, produk lokal sudah menembus pasar Sumatra selain pasar di pulau jawa.

Pengrajin pun berkeyakinan akan selalu tetap tegar berproduksi dan bertekad akan tetap menjadi competitor produk lain.

GENTENG SUPER

Lingk. Ketileng Wetan

Kelurahan Ketileng Kota Cilegon – Banten

Contact Person : H. Hamid (0859 5903 5485)


KUE SAGU DAN KERIPIK

Rasa dan kenikmatan memakannya memang berbeda dengan kue sagu atau keripik lainnya, itulah cirri khas produk Gapoktan Mitra Tani, karena pengelolaannya di olah oleh ahlinya dan tentunya hasilnya akan berbeda dengan kue yang lain.

Tidak hanya asal membuatnya, melalui proses dari pemilihan bahan baku, pengolahan yang teratur dan terarah, pengawasan yang teliti dan finising yang luar biasa sehingga kualitas dan rasanya akan berbeda.

Sejak awal merintis usaha pengelohan kue sagu dan keripik melalui tahapan yang berbeda pada perusahaan lain, survey konsumen dan pasar menjadi andalan perusahaan ini. Hal tersebut disebabkan merekrut tenaga ahli di bidangnya.

Itulah perusahaan kue sagu dan kripik modern, selalu mengendapkan rasa dan kemasan yang lebih rapih dan berkesan bagi konsumen, karena proses awal pembuatan usaha diperhitungkan yang mampu sehingga hasilnya terasa puas dan menguntungkan.

GAPOKTAN MITRA TANI

Jl. Sunan Giri No. 1 Rt.03/05 Pondok Picung

Kec. Karang Tengah – Tangerang – Banten

Contact Person : H. A Budiman (0812 1865 353)


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan