KESEHATAN


MANFAAT MENGKONSUMSI AIR PUTIH BUAH DAN SAYUR

Air putih memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Seperti melawan toksin dalam tubuh, mencegah dehidrasi, sebagai pengisi nutrisi dan juga oksigen yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi optimal. Bahkan, air putih bisa menjadi solusi diet untuk menurunkan berat badan.

Semakin sering minum air putih, bisa membantu Anda menahan lapar dan mengurangi porsi makan karena perut sudah terisi. Namun jangan juga terlalu banyak minum air putih. Minum berlebihan dalam sehari bisa mempengaruhi kerja ginjal. Berikan waktu bagi tubuh untuk memfilter air yang masuk, sebelum Anda mengisinya lagi.

Anda perlu mengatur asupan cairan yang tepat untuk menurunkan berat badan, seperti berikut ini:

  1. Minum saat makan

Sebelum makan dengan porsi sederhana, minum satu gelas air untuk mengurangi rasa lapar. Perut yang penuh akan mengurangi porsi makan. Jika Anda makan makanan berat, minum air sesekali di sela makan. Asupan air ini akan mengurangi keinginan Anda untuk terus makan.

Untuk tujuan pengurangan berat badan, kurangi soda dan ganti dengan air putih. Selain mengurangi kadar gula, mengurangi soda juga berarti mencegah Anda dari dehidrasi. Metabolisme tubuh bekerja maksimal saat tubuh tidak kekurangan cairan. Artinya tubuh lebih cepat membakar lemak. Asupa cairan yang cukup juga membantu tubuh menyerap nutrisi lebih optimal.

  1. Kombinasikan dengan buah

Selain air putih, konsumsi juga makanan yang mengandung banyak air. Dengan begitu, Anda tidak perlu terus-menerus minum air putih.  Anda bisa mengkombinasikan asupan cairan dari buah-buahan. Semangka, apel dan pir adalah buah yang mengandung banyak air. Buah-buahan ini juga bisa mengatasi rasa lapar di sela waktu makan.

 

MANFAAT DARI TERONG

Terong tak hanya berwarna ungu, ia juga spesial karena berkerabat dengan berbagai tumbuhan berry hingga nikotin. Yuk, telusuri keunikan lain dari terong.

Sayuran buah bernama terong ini sangat kaya gizi dan memiliki rasa yang enak jika diolah dengan benar. Termasuk dalam keluarga Solanaceae, terong populer digunakan sebagai bahan masakan dan banyak dijual di pasaran. Jenisnya pun beragam, tak hanya yang berwarna ungu. Tentunya, semakin banyak masakan yang bisa diolah dari terong, sebut saja selai dan dodol. Di Bengkulu, terong bahkan dijadikan makanan khas yang diolah menjadi manisan.

Beda Jenis, Beda Olahannya

  1. Terong Pipit

Biasa disebut terong mini karena ukurannya yang kecil. Bentuknya bulat, selain berwarna hijau ada juga yang berwarna ungu. Umumnya dimakan sebagai lalapan dan biasa terhidang di menu masakan Sunda, seperti karedok (pecel dengan sayuran serba mentah).

  1. Terong Telunjuk

Bentuknya panjang seperti telunjuk, dan lazim terdapat di menu masakan Sumatera. Misalnya, dimasak untuk bumbu gulai dengan campuran udang atau daging sapi serta di sambal balado, dapat juga di tumis dengan tambahan tauco.

  1. Terong Ungu

Jenis ini yang paling terkenal dari terong. Bentuknya beragam, ada yang bulat dan yang panjang. Jenis terong ungu dengan warna lebih tua dijuluki terung jepang karena sering digunakan pada kuliner Jepang, seperti tempura. Selain kering, rasanya juga renyah. Sementara yang warnanya tak terlalu gelap, berkarakter lebih lunak. Ada juga yang berwarna hijau, dan biasa dimasukkan sebagai bahan sayur lodeh.

  1. Terong Belanda

Bentuknya lonjong menyerupai telur namun lebih runcing ujungnya. Daging buahnya mengandung banyak sari buah, rasanya agak asam, berwarna agak hitam sampai kekuning-kuningan, kulit buah tipis. Sewaktu belum matang, warnanya kuning lalu berubah menjadi ungu ketika sudah matang. Bijinya bulat pipih, tipis, dan keras. Berbeda dengan jenis terong lain, terong belanda ini biasa diolah menjadi jus.

Fakta Unik Si Terong

  • Terong adalah tanaman asli India, dinamai eggplant oleh dunia Barat karena bentuknya menyerupai telur dan berwarna putih (sebelum mengalami pengembangbiakan seperti sekarang).
  • Termasuk golongan berry karena memiliki banyak biji kecil yang lembut. Bijinya ini layak konsumsi namun rasanya pahit karena mengandung nikotin. Ia juga “saudara dekat” kentang dan tomat. Secara umum, terong tergolong sayuran, namun secara ilmu botani, terong termasuk buah-buahan.
  • Penggunaannya di dapur orang Asia, baru dimulai sekitar tahun 3, dan “tiba” di Eropa sekitar tahun 1500. Awalnya, orang Eropa mengira terong adalah buah beracun. Malah, di Amerika Serikat, sampai abad ke 20, terong hanya digunakan sebagai penghias meja.
  • Dari sejarah Cina, diketahui kalau terong digunakan untuk mengilatkan gigi mereka. Hasilnya tentu bukan putih bersih ala bintang iklan pasta gigi melainkan agak perak keabu-abuan.
  • Indonesia masuk lima besar produsen terong di dunia, setelah Cina, India, Mesir, dan Turki.

Aturan Beli Hingga Pakai

  • Baiknya membeli terong yang segar dengan permukaan kulit mengilat, tidak layu, dan keras agar semua manfaatnya bisa didapat.
  • Kalau ingin yang tak terlalu pahit, pilih yang masih belum matang.
  • Jangan membeli terong dengan bintik-bintik cokelat.
  • Terong yang segar tak terlalu lembek jika ditekan dengan jari. Untuk memastikan bijinya tidak kering, ketuk-ketuk kulitnya dengan buku jari, jika bunyinya kosong, jangan dibeli.
  • Seiring bertambah umurnya, terong mudah busuk dan pahit, karenanya simpan di tempat dingin yang kering, jangan lupa bungkus dengan plastik. Dan, gunakan tak lebih dari 2 hari setelah membelinya. Sebelum mengolahnya, keluarkan dan diamkan di suhu ruangan terlebih dulu.
  • Tak semua orang bisa memakan terong mentah, usahakan memasaknya dulu sebelum dihidangkan. Karena terong mengandung racun solamine yang bisa menyebabkan alergi.

Benarkah maag dapat dicegah dengan brokoli dan pisang? Barangkali pertanyaan itu yang ada di benak Anda saat mendarat di postingan ini. Okelah kalo begitu, gak usah banyak prolog, mari kita simak ulasan berikut ini,, tentang bagaimana brokoli dan pisang dapat mencegah terjadinya penyakit maag yang terkadang membuat kita sampai lemas tak berdaya seperti ditusuk-tusuk jarum, clekit clekit clekit clekit.

 

MANFAAT BROKOLI UNTUK MENCEGAH PENYAKIT MAAG

Semua orang pasti tahu sayuran yang satu ini, ya brokoli. Beragam penelitian tentang brokolipun mengungkapkan bahwa kandungan antioksidan dalam jenis sayuran ini sangat besar sehingga mampu menekan risiko kanker. Namun, baru baru ini penelitian terbaru dan lebih spesifik mampu memberikan gambaran kemampuan brokoli dalam menekan risiko beragam gangguan pencernaan seperti maag, infeksi lambung, dan kemungkinan kanker perut.

Di Jepang, para ahli mendapati fakta bahwa mengonsumsi 70 gram brokoli segar setiap hari selama dua bulan dapat melindungi tubuh manusia dari bakteri perut yang terkait penyakit maag, infeksi lambung, bahkan kanker perut. Sulforaphane dalam brokoli juga diketahui mampu meningkatkan produksi enzim fase II di hati. Enzim ini berperan menggandeng bahan-bahan karsinogen yang dihasilkan dari senyawa prokarsinogen dan mengeluarkannya dari sel. Perlu diketahui, kandungan sulforaphane dalam kecambah brokoli segar lebih tinggi daripada brokoli yang sudah direbus terlalu matang.

Kandungan sulforaphane yang ada dalam brokoli dapat memicu enzim dalam perut sehingga memberikan perlindungan terhadap senyawa radikal yang dapat merusak DNA dan menyebabkan peradangan. Cobalah beberapa tips di bawah ini :

  • Pilihlah brokoli yang berwarna hijau gelap. Selain dimakan langsung sebagai lalapan, brokoli bisa dicampur sayuran dan buah lain untuk salad. Atau pilihan lainnya, Anda bisa mengonsumsi sayuran ini dalam bentuk jus.

 

MANFAAT PISANG UNTUK MENCEGAH PENYAKIT MAAG
Bagi anda yang sudah terlanjur mengidap penyakit maag maka anda harus selalu makan teratur setiap hari untuk mencegah asam lambung merusak dinding lambung. Di samping itu anda juga harus rajin minum obat pereda nyeri maag / nyeri lambung ketika rasa sakit maag itu datang.

Kini ada cara alternatif yang alami untuk mengatasi maag yaitu dengan buah pisang. Secara rutin makan buah pisang satu buah setiap pagi dan sore hari akan melindungi selaput lendir di lambung anda dari asam lambung. Buah pisang kaya akan pektin yang memiliki efek yang baik bagi orang yang terserang maag.

Selamat mencoba… Jika sakit berlanjut segera hubungi dokter…

Intinya tetap percayakan sama ahlinya jika usaha untuk mencegah dan mengatasi maag tidak mempan dengan mengkonsumsi brokoli dan pisang. Daripada anda makan pisang dan brokoli terus tapi gak sembuh-sembuh

Orang tua jangan sembarangan saat menyusun menu sarapan bagi sang buah hati. Keseimbangan dan kecukupan gizinya harus diperhatikan. Salah satunya kandungan karbohidrat yang berperan sebagai sumber kalori. Asupan karbohidrat inilah yang bisa diandalkan sebagai sumber energi cadangan dalam bentuk glikogen.

Setelah karbohidrat mengalami pengolahan di lambung, kadar gula darah akan naik. Sayangnya, kenaikan kadar gula darah ini hanya bisa bertahan sekitar 2 jam saja. Tak heran jika hanya karbohidrat yang diutamakan, maka setelah beberapa saat anak merasa kenyang, ia lekas lapar kembali.

Kendati demikian, lama-tidaknya cadangan energi ini tersimpan dalam tubuh dipengaruhi pula oleh beberapa faktor. Salah satunya aktivitas. Semakin berat dan semakin lama seseorang melakukan aktivitas, maka akan semakin banyak pula energi yang harus dikeluarkan. Contohnya, seporsi makan malam mungkin bisa bertahan hingga 10 jam selagi anak tidur. Namun porsi yang sama hanya bertahan beberapa jam saja jika sesudah makan anak lantas asyik main bola.

Kebutuhan karbohidrat dalam diri anak sekitar 45%-55% dari seluruh kebutuhan kalori. Adapun sumber karbohidrat antara lain tepung-tepungan, seperti beras, gandum, kentang, disamping buah dan sayur mayur. Dengan kata lain, asupan karbohidrat saja tidak cukup sehingga harus disertai asupan protein. Sekitar 50% dari asupan protein yang diubah menjadi gula darah akan mampu bertahan hingga 4 jam. Itu berarti penambahan protein bisa memperlama rasa kenyang dalam diri anak. Sama halnya dengan sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya akan serat. Penguraian zat-zat makanan ini membutuhkan waktu lama, sehingga anak pun jadi tak gampang lapar.

Namun, jangan lupakan lemak yang berfungsi sebagai pelarut vitamin tertentu, pembentuk struktur jaringan, sekaligus sumber energi yang efisien. Rendahnya asupan lemak antara lain dapat menyebabkan kekurangan gizi dan perubahan warna kulit. Meski hanya sedikit saja yang diubah menjadi gula darah, lemak berperan penting dalam memberi cita rasa pada makanan.

Perhatikan juga vitamin dan mineral yang penting untuk membantu kelangsungan pertumbuhan anak dengan menyediakan buah-buahan dan sayuran. Sementara susu maupun produk olahannya merupakan pangan terbaik sebagai pembawa kalsium dalam tubuh. Mineral kalsium sangat penting sebagai dasar pertumbuhan massa tulang dan gigi. Tanpa kebiasaan minum susu yang baik dikhawatirkan kebutuhan kalsium anak tidak akan terpenuhi. Ingat, kalsium tidak hanya dibutuhkan oleh bayi, tapi juga anak-anak, orang dewasa, bahkan orang yang sudah tua sekalipun. Satu liter susu mengandung protein setara 4 butir telur.

MENGATASI KETOMBE SECARA ALAMI DENGAN JERUK NIPIS

Rambut bisa dikatakan sebagai mahkota bagi wanita. Namun bagaimana apabila mahkota tersebut dipenuhi banyak ketombe? Pastinya kita akan malu bila dilihat orang lain disekitar kita. Ada banyak cara untuk menghilangkan ketombe di jaman yang serba modern sekarang ini. Dengan jalan modern bisa kita dapati untuk menghilangkan ketombe. Namun kali ini saya punya tips alami hilangkan ketombe dengan cepat dan semoga saja manjur.

Jeruk nipis adalah salah satu buah yang dipercaya bisa mengontrol keberadaan ketombe. Buah ini dapat melunturkan minyak (sebum) di kulit kepala. Dengan begitu, habitat atau tempat bersarang jamur yang merugikan pun dapat dikurangi. Selain bisa mengendalikan sebum di kepala. Jeruk nipis juga bisa memberikan efek segar dan nyaman, terutama bagi kepala berketombe yang kerap dihinggapi rasa gatal. Buah yang kaya dengan kandungan vitamin C ini juga bisa membuat rambut tampak sehat dan cantik berkilau.

Cara penggunaannya tidak sulit, sebelum keramas usapkan irisan jeruk nipis atau perasan jeruk nipis pada kulit kepala, terutama di daerah berketombe. Diamkan sekitar 15 menit sebelum membasuh dan berkeramas. Selain penggunaan jeruk nipis ada juga dengan penggunaan tea tree oil sebagai salah satu bahan alami pengusir ketombe. Sekarang ini sudah banyak tea tree yang dijual dalam bentuk kemasan jadi sehingga penerapannya lebih mudah.

Tumbuhan dari Australia ini memiliki kemampuan sebagai antiseptik dan anti jamur. Selain mengatasi ketombe, tea tree juga sering digunakan untuk mengatasi gangguan kulit lainnya, seperti kutu air, jerawat, eksem, psoriasis, infeksi jamur, bisul dan infeksi kutu. Semoga saja dengan cara alami tersebut bisa hilangkan ketombe anda. Dijamin juga tidak ada efek samping apapun karena bahan yang dipakai dari buah dan tumbuhan.

MANFAAT JERUK NIPIS, GETAH PEPAYA DAN LAINNYA

Air Jeruk Nipis

Air jeruk nipis dapat dimanfaatkan untuk membuat kaku kocokan putih telur Anda. Masukan beberapa tetes air jeruk ke dalam kocokan putih telur. Kocokan putih telur Anda akan cepat menjadi kaku.

Air jeruk juga dapat menghilangkan noda-noda minyak pada kaca/cermin sehingga kaca Anda menjadi terang.

Selain itu jeruk nipis juga dapat dicampurkan ke dalam rendaman cucian. Cucian Anda bukan hanya menjadi harum, tetapi juga menjadi cemerlang.

Air jeruk nipis juga jika ditambah dengan satu sendok makan madu, dapat dijadikan obat batuk yang mujarab. Minumlah campuran itu sehari dua kali.

Agar Toples Tidak Berbau Tengik

Kadang kita menjadi kesal karena toples yang hendak kita pakai, bau tengik. Gosokkan segenggam beras ke dalam toples. Kemudian lap dengan serbet bersih.

Getah Pepaya

Getah dan daun pepaya dapat digunakan untuk mencegah tumit terbelah-belah. Olesi getah itu di tumit Anda sehari sekali.

Batu Batre Bekas

Agar tanaman hias Anda selalu berbunga, taburkan serbuk yang diperoleh dari batu batere bekas yang telah dijemur seminggu.

Mencegah Pakaian Menjadi Kusut

Seringkali pakaian yang Anda bawa ketika berlibur menjadi kusut. Untuk mencegahnya, masukkan air jeruk nipis yang dicampur dengan beberapa sendok makan alkohol ke dalam air cucian pakaian itu. Niscaya pakaian Anda tidak mudah kusut.

Mengupas Kulit Ayam Dengan Mudah

Umumnya kita kesulitan mengelupas kulit ayam ketika membuat Ayam Cabut Tulang karena lendirnya banyak.

Agar kulitnya tidak mudah sobek dan mudah dikelupas, masukkan bawang yang telah dikupas, ke bawah permukaan kulit. Tekan-tekan, sampai semua lendir keluar.

Melepaskan Perangko Yang Saling Melekat

Seringkali kita salah menyimpan perangko sehingga satu sama lain saling melekat. Untuk memisahkannya, letakkan perangko di atas amplop. Tutup dengan kertas minyak. Kemudian gosok dengan strika hangat. Setelah itu Anda dapat dengan mudah melepaskan rekatannya.

Mengurangi Rasa Asin

Seringkali masakan kita terlanjur keasinan. Jangan menambahkan air kedalamnya. Itu akan membuat masakan Anda tidak sedap lagi. Untuk menyerap garam, masukkan sepotong kentang ke dalam sayur Anda.

MINUMAN SODA DENGAN SITRAT TINGGI CEGAH BATU GINJAL

Selama ini diketahui terlalu sering minum soda bisa berbahaya bagi kesehatan. Tapi minuman soda yang mengandung sitrat tinggi bisa mencegah jenis batu ginjal yang paling umum.

Dalam studi ini peneliti menemukan bahwa beberapa versi minuman soda diet rasa jeruk yang populer seperti 7Up, Sunkist dan Sprite mengandung jumlah sitrat relatif tinggi.

Sitrat dapat menghambat pembentukan batu kalsium oksalat yang merupakan penyebab paling umum dari batu ginjal.

Temuan yang dilaporkan dalam Journal of Urology menunjukkan bahwa diet minuman soda dengan sitrat tinggi dapat digunakan bagi orang yang rentan terhadap penyakit batu ginjal.

Batu ginjal terjadi ketika urine mengandung lebih banyak zat pembetuk kristal seperti kalsium, asam urat dan suatu zat yang disebut dengan oksalat dibandingkan kandungan lain yang dapat diencerkan. Kebanyakan batu ginjal disebabkan kalsium dan biasanya dalam bentuk kombinasi dengan oksalat.

Salah satu penyebab orang terkena batu ginjal adalah kandungan sitrat yang relatif kecil di dalam urine-nya.

Selama ini pengobatan yang umum untuk mencegah batu ginjal akibat kalsium oksalat atau jenis batu lain seperti batu asam urat adalah dengan mengonsumsi suplemen kalium sitrat.

Namun bagaimana pastinya terapi ini bisa mencegah pembentukan batu ginjal masih belum jelas, tapi beberapa dokter ada yang sudah menganjurkan hal ini pada pasiennya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada minuman komersial yang memiliki kandungan sitrat serupa dengan minuman limun buatan sendiri.

Secara keseluruhan penelitian ini menemukan minuman soda diet berbasis jeruk termasuk 7Up, Sunkist, Sprite, Fresca and Canada Dry ginger ale memiliki kadar sitrat yang lebih tinggi daripada minuman limun buatan sendiri. Sedangkan minuman soda lainnya tidak banyak mengandung sitrat.

Karena belum ada bukti pasti minuman sitrat tinggi membantu mencegah pembentukan batu ginjal, saat ini peneliti tidak menganjurkan seseorang melakukan diet soda rasa jeruk untuk mencegah pembentukan batu. Tapi disarankan pasien harus secara rutin mengonsumsi 2-3 liter air atau cairan lainnya setiap hari.

15 FAKTA TENTANG KANKER

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang kanker:

  1. Setiap orang memiliki sel kanker dalam tubuh. Sel-sel kanker ini tidak terlihat dalam tes standard hingga mereka berkembang biak menjadi bermilyar-milyar sel. Ketika dokter mengatakan kepada pasien kanker bahwa tidak ada lagi sel kanker di tubuh mereka setelah perawatan, itu berarti bahwa tes yang dilakukan tidak mampu mendeteksi sel kanker karena sel kanker tersebut tidak sampai pada jumlah yang dapat diprediksi.
  2. Kanker sel terjadi antara 6 sampai 10 kali dalam hidup manusia.
  3. Ketika kekebalan tubuh manusia kuat, sel-sel kanker akan rusak dan dicegah pembiakannya dan pembentukan tumor.
  4. Ketika seseorang mengidap kanker, di indikasikan orang tersebut mempunyai beragam gangguan nutrisi. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor genetik, lingkungan, makanan, dan gaya hidup.
  5. Untuk menanggulangi beragam gangguan nutrisi, mengubah diet dan termasuk suplemen akan menguatkan kekebalan imun.
  6. Kemoterapi melibatkan sel kanker beracun yang tumbuh dengan cepat dan juga merusak sel sehat yang tumbuh dengan cepat di sumsum tulang, organ bagian dalam, dan dapat menyebabkan kerusakan organ seperti hati, ginjal, jantung, paru-paru, dsb.
  7. Radiasi ketika menghancurkan sel kanker, juga membakar dan merusak sel sehat, jaringan dan organ.
  8. Perawatan awal dengan kemoterapi dan radiasi akan sering mengurangi ukuran tumor. Akan tetapi, penggunaan kemoterapi dan radiasi yang berkepanjangan tidak menghasilkan kehancuran tumor.
  9. Ketika tubuh telah banyak mempunyai racun yang terbakar akibat kemoterapi dan radiasi, sistem imun yang dibinasakan karenanya akan lebih lemah dari berbagai macam infeksi dan komplikasi.
  10. Kemoterapi dan radiasi bisa mengakibatkan sel kanker bermutasi dan menjadi bersifat menentang serta sulit dilumpuhkan. Pembedahan juga dapat mengakibatkan sel kanker menyebar ke bagian lain.
  11. Sebuah cara yang efektif adalah membuat sel kanker lapar dengan cara tidak memberinya makanan yang dapat membuatnya berkembang biak.
  12. Protein hewani sulit untuk dicerna dan membutuhkan banyak enzim pencernaan. Daging yang tidak dicerna secara sempurna, sisanya di dalam isi perut menjadi antaran untuk membangun racun.
  13. Dinding kanker dialasi oleh protein yang tangguh. Mempertahankan diri dengan memakan sedikit daging dapat membebaskan enzim untuk melawan dinding protein sel kanker dan membiarkan sel pembunuh dalam tubuh menghancurkan sel kanker.
  14. Kanker adalah penyakit pikiran, tubuh dan jiwa. Semangat yang proaktif dan positif akan membuat selamat. Kemarahan, tidak memaafkan dan kepahitan menempatkan tubuh ke dalam keadaan stress. Belajarlah mempunyai semangat mencintai dan memaafkan. Belajarlah santai dan mensyukuri hidup.
  15. Kanker sel tidak dapat tumbuh dengan subur dalam lingkungan beroksigen. Berolahraga setiap hari dan bernapas dengan dalam membantu mendapatkan oksigen lebih banyak. Terapi oksigen adalah cara lain dalam melawan kanker.

 

PENTINGNYA MAKAN SAYUR DAN BUAH

Makan buah-buahan dan sayuran adalah salah satu rekomendasi untuk diet sehat, tapi masih banyak orang yang tidak suka makan buah atau sayur. Mengapa makan buah dan sayur itu penting bagi tubuh?

The National Cancer Institute merekomendasikan setiap orang setidaknya makan lima porsi buah dan sayur setiap harinya.

Ada banyak alasan mengapa buah dan sayur sangat penting bagi tubuh. Seperti dilansir dari HSPH dan FamilyEducation, berikut beberapa alasan mengapa buah dan sayur penting :

Setiap Orang Butuh Banyak Konsumsi Buah dan Sayur

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa buah dan sayur sangat penting untuk mendapatkan kesehatan yang baik. Bahkan, buah-buahan dan sayuran harus menjadi dasar dari diet yang sehat. Setiap orang, berapapun usianya, perlu melipatgandakan jumlah asupan buah dan sayur setiap harinya.

Buah dan Sayur Melindungi Kesehatan

Buah-buahan dan sayuran dikemas dengan vitamin, mineral, dan serat yang penting bagi tubuh.

Makan buah dan sayur setiap hari dapat memberi keuntungan :

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung
  2. Mengurangi risiko tekanan darah tinggi
  3. Mengurangi risiko diabetes tipe II
  4. Mengurangi risiko kanker
  5. Melancarkan sistem pencernaan
  6. Sistem penglihatan yang sehat
  7. Fungsi memori yang sehat
  8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  9. Tulang dan gigi yang sehat

Buah dan Sayur Melawan Berbagai Jenis Penyakit

Buah dan sayur mengandung fitokimia yaitu senyawa kimia seperti beta-karoten yang terjadi secara alami pada tanaman, dan sangat penting untuk melawan berbagai jenis penyakit.

Fitokimia biasanya terkait dengan warna. Warna hijau, kuning-oranye, merah, biru-ungu, dan putih mengandung kombinasi mereka sendiri.

Berikut arti warna buah dan sayur bagi kesehatan tubuh :

  • Warna hijau, mengandung berbagai fitokimia seperti lutein dan indoles, yang berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Warna kuning-oranye, mengandung berbagai jumlah antioksidan seperti vitamin C serta karotenoid dan bioflavonoid.
  • Warna merah, mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Khasiat kandungan lain seperti lycopene dan anthocyanins sedang dipelajari.
  • Warna biru-ungu, mengandung berbagai jumlah fitokimia yang mempromosikan kesehatan seperti anthocyanin dan fenolat, antioksidan yang melawan penuaan dini.
  • Warna putih dan coklat, mengandung berbagai jumlah fitokimia yang berfungsi untuk kebugaran tubuh.

Buah dan Sayur Untuk Mengatur Berat Badan

Buah dan sayur yang rendah kalori dan tinggi serat dapat membantu mengendalikan berat badan. Dengan makan banyak buah dan sayur, serta makanan rendah kalori, Anda akan mudah mengontrol berat badan Anda.

Buah dan Sayur Sumber Energi

Orang yang sibuk memerlukan makanan bergizi, berenergi dan mudah didapatkan, seperti buah-buahan dan sayuran segar. Buah-buahan dan sayuran adalah sumber energi alami dan memberikan tubuh banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk tetap hidup.

 


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan