Pelaithan SOP & SOM

Pelaithan SOP & SOM
Pelaithan SOP & SOM

Serang – Rabu 6 Juli 2022 bertempat  di Gedung Dinas Koperasi dan UKM Lantai III Kota Serang, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten Agus Mintono didampingi Plt. Kepala Bidang Pemberdeayaan Usaha Kecil Wendi Nurwendi dan Kepala Seksi Peningkatan kualitas SDM Usaha Kecil, Santi Rosilawati secara resmi membuka pelatihan pendampingan SOP (STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR) & SOM (STANDAR OPERASIONAL MANAJEMEN).

Pada Kesempatan ini Kadinkop & ukm Agus Mintono Menyampaikan berbagai upaya terus dilakukakn agar ukm semakin berkembang, bertambah produktivitas dan daya saing meningkat atau dikenal dengan program ukm naik kelas. SOP & SOM adalah pedoman yang berisi prosedur-prosedur operasional standar  yang ada dalam organisasi yang digunakan untuk memastikan bahwa semua keputusan dan tindakan, serta penggunaan fasilitas-fasilitas dan proses yang dilakukan oleh orang-orang dalam organisasi berjalan secara efisien dan efektif, konsisten, standar dan sistematis. dengan adanya SOP & SOM diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja layanan yang diberikan oleh pelaku usaha.

Lebih lanjut disampaikan, tujuan pelatihan penerapan SOP & SOM bagi ukm bertujuan untuk menjaga kualitas produk dan menjamin hasil suatu pekerjaan tetap sama walaupun dikerjakan oleh yang berbeda. penerapan SOP & SOM sebagai dasar bagi pelaku ukm untuk melakukan perbaikan terus menerus, memperjelas peran dan tanggungjawab sehingga konsumen mendapatkan produk yang terbaik, Pelatihan pendampingan SOP (STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR) & SOM (STANDAR OPERASIONAL MANAJEMEN) diikuti oleh 50 (Lima Puluh) orang peserta perwakilan dari 8 Kabpaten/Kota.