KETUA PENGURUS KOPERASI KABUPATEN KOTA SE- PROVINSI BANTEN MENGIKUTI KEGIATAN PELATIHAN/AUDIT KOPERASI

KETUA PENGURUS KOPERASI KABUPATEN KOTA SE- PROVINSI BANTEN MENGIKUTI KEGIATAN PELATIHAN/AUDIT KOPERASI

KETUA PENGURUS KOPERASI KABUPATEN KOTA SE- PROVINSI BANTEN MENGIKUTI KEGIATAN PELATIHAN/AUDIT KOPERASI

Kegiatan Pelatihan/Audit Koperasi yang digelar Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten Kamis (4/11/2021) bertempat di salah satu Hotel yang berada di Kawasan Modern Cikande Serang, berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 4 s.d 6 November 2021, diikuti sebanyak 85 orang peserta.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Agus Mintono mengatakan seiring derasnya persaingan global yang terjadi saat ini, pengembangan pemberdayaan keberadaan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah sangat penting guna Meningkatakan Pembangunan Perekonomian Masyarakat.

Untuk menjadi perhatian bersama bahwa koperasi merupakan suatu badan usaha yang berbadan Hukum yang mempunyai kepentingan tujuan meningkatakan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Sebagai soko guru perekonomian Indonesia, Koperasi merupakan gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan.

Lebih jauh menjelaskan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten Agus Mintono, dalam kegiatan pemeriksaan /audit yang bisa di lakukan oleh pengawas adalah sebagai salah satu alat kelengkapan dalam koperasi memegang peran menentukan kesehatan jalannya usaha yang dikelola oleh pengurus. Pengurus dan pengawas adalah perangkat organisasi yang mendapat kuasa dari rapat anggota untuk mengawasi pelaksanaan keputusan rapat anggota yang menyangkut organisasi, kelembagaan, pendidkan serta penyuluh.

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten, pentingnya peran pengawas “saya sangat mendukung kegiatan pelatihan pemeriksaan /audit koperasi”, dengan adanya kegiatan ini dapat berkesinambungan untuk masa yang akan datang. Sehingga Tujuan meningkatkan kuaitas terhadap pengawasan koperasi dapat terwujud.

Dengan melakukan audit koperasi secara reguler, berarti koperasi tersebut dinilai patuh dan taat terhadap aturan sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 15 Tahun 2015 tentang Usaha Simpan Pinjam oleh Koperasi,

Kegiatan ini menghadirkan dua Narasumber terdiri dari Direktur Lembaga Sertifiat Profesi (LSP) DEKOPIN, Kantor Akuntan Publik (KAP) Roni Budianto.

Hadir pada pembukaan acara tersebut Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten, Agus Mintono, SH,. M.Si, didampingi Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi,H Arief Rachman, Kepala Seksi Kelembagaan dan Perijinan Gatot Sukotjo.