DINKOP DUKUNG PROGRAM BANTEN SATU DATA

DINKOP DUKUNG PROGRAM BANTEN SATU DATA
DINKOP DUKUNG PROGRAM BANTEN SATU DATA

DINKOP DUKUNG PROGRAM BANTEN SATU DATA

Rapat Koordinasi Penyusunan Data Koperasi dan Usaha Kecil Berdasarkan PP NO 7 Tahun 2021, digelar Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten Selasa (28/10/2021) bertempat di Aula Rapat Lantai 2 Gedung BAPPEDA Provinsi Banten.

Menurut Sekdis Dinas Koperasi dan UKM Drs. Iman Santoso mewakili Kepala Dinas Koperasi dan UKM dalam sambutannya mengatakan dalam perkembangan kebijakan terkait dengan Koperasi dan UKM Mengalami Beberapa Perubahan Antara Lain Melalui PP NO 7 Tahun 2021 Tentang Kemudahan, Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha, Mikro Kecil dan Menengah. Dimana didalamnya pemerintah melalui PP NO 7 Tahun 2021 Tersebut sangat konsen dalam memberikan kemudahan, perlindungan dan pemberdayaan bagi koperasi usaha mikro, kecil dan menengah.

Namun demikian dalam PP NO 7 Tahun 2021 tersebut juga terdapat beberapa perubahan antara lain perubahan kriteria dalam penentuan usaha kecil bahwa dengan ketentuan PP NO 7 Tahun 2021 untuk usaha semula modal sebesar Rp. 50 juta s/d 500 juta menjadi sebesar Rp. 1 milyar s/d 5 milyar, dan untuk omzet penjalan pertahun semula Rp. 300 juta s/d 2 milyar menjadi 2 milyar s/d 15 milyar.

Tentunya dengan adanya perubahan kriteria tersebut dimana kategori Usaha Kecil menjadi kewenangan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi, Memandang perlu mengadakan pendataan ulang/perubahan data terkait data daftar pelaku usaha atau penyesuaian, data tersebut tentunya tidak akan mudah dilaksanakan tanpa bantuan dan partisipasi dari semua pihak baik Intansi/Unit OPD Provinsi Kabupaten/Kota serta Instansi Vertikal lainnya yang berkaitan atas keberadaan Usaha Kecil tersebut.

Lebih lanjut Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM mengharapkan bantuan dan partisipasi kepada semua unsur yang berkaitan untuk bersama-sama membantu kelancaran jalannya kegiatan ini dengan harapan kegiatan ini dapat menghasilkan satu dokumen data lengkap Usaha Kecil dengan kriteria pada PP NO 7 Tahun 2021.

Menurut Kasubag Program, Evaluasi, Pelaporan dan Keuangan Wati Yuliawati bahwa Rapat Koordinasi Penyusunan Data Koperasi dan Usaha Kecil di laksanakan Berdasarkan PP NO 7 Tahun 2021 dengan tujuan sebagai,

  1. Pemenuhan Data koperasi dan UKM yang kewenangan Provinsi sebagai bahan Rencana Kerja Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten berdasarkan PP 7 Tahun 2021,

 

  1. Sebagai dukungan Data Sektoral dalam program banten satu data.

 

  1. Sebagai bentuk indikator  Penyusunan Dokumen Perencanaan Terhadap Program dan Kegiatan Bidang Koperasi dan UKM

 

Hadir pada pembukaan acara tersebut Sekretaris dan para pejabat esselon III dan IV Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten,

 

Rapat tersebut menghadirkan empat narasumber yang berasal dari ;

  1. Asisten Deputi Kewiraushaan Kementerian Koperasi dan UKM RI

 

  1. Ketua Komisi II DPRD Provinsi Banten,

 

  1. Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Banten

 

  1. Kepala Kantor Perwakilan  BANK INDONESIA Provinsi Banten.

 

 

Peserta Berasal dari Unsur Aparatur Dinas Provinsi, Kabupaten/Kota, Stakeholder Terkait, Mitra Dinas Bidang Ekonomi dan Seluruh Kepala Bidang dan Kasi Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten, Berjumlah +40 Orang.